iT jusT oRdiNary WoRds……

Tulisan biasa, remeh temeh, ga ada yang serius banget

Minyak Kayu Putih khusus iKaN May 28, 2008

Filed under: HuMoR — rooneyruni @ 12:05 am

Foto di samping adalah foto keponakanku yang masih berumur 3 tahun. Namanya Fariz Azzam. Panggilannya Fariz. Mukanya lutcuuuu banget. Umur segitu emang lagi imut2nya, lucu, n lagi nakal2nya pastinya.

Fariz tergolong anak yang ga bisa diem. Gimana enggak.. Waktu mbah uti ku opname, aku sempat njagain Fariz. Ga lama sih… Dari jam 10an pagi sampe sore. Tapi cuapeknya….. FFuuiihh.. (Kalo ngrasain jaga anak kecil gini.. Jadi teringat ibu. Lebih dari 20 tahun ibu jagain aku. Ini baru beberapa jam.) Balik lagi ke Fariz. Dari jam 10 sampe sore, Fariz memang ga pernah berhenti beraktifitas. Hampir tak ada jeda untuk istirahat. APa dia tergolong hiperaktif ya..?!

Tapi, meskipun capek mengawasi tingkah polah Fariz.. Kelucuan dan keluguan khas anak2, selalu saja bisa menghapus perasaan lelah itu. Salah satu kelucuan khas anak2 yang ditunjukkan Fariz terjadi pada sebuah sore di rumah Kotagede.

———————–

Saat itu, bulekku (ibunya si Fariz) mencium bau minyak kayu putih yang sangat menyengat di ruang TV. Bulekku pun menanyai se isi rumah.

“Ko bau minyak kayu putih ya…?”

Seketika, Kemal (kakaknya Fariz) menjawab: “Fariz tuh bu… Minyak kayu putih di masukin ke toples ikan (ini emang toples makanan yang berubah fungsi jadi akuarium mini, dan di-isi 1 ikan kecil)”

Seketika, bulekku pun mengintograsi Fariz.

“Kamu apain ikannya riz? Ko dikasih minyak kayu putih….???”

Si Fariz pun dengan keluguan khas anak2 menjawab:

“..biar ikannya ga kedinginan…”

Se-isi rumah pun tertawa geli. Mungkin Fariz berpikir, ritual meminyaki tubuh dengan minyak kayu putih setelah mandi, juga bisa diberlakukan untuk ikan. Hehehee…

 

Bangkit Ala Dedy Mizwar May 25, 2008

Filed under: film — rooneyruni @ 3:39 am

Siapa yang tak kenal Dedy Mizwar? AKtor kawakan kelahiran tahun 1955 ini memang mengagumkan (bagiku). Sepak terjangnya di dunia perfilman tak perlu diragukan. . Mulai tahun 1982, ia mulai membintangi Bukan Impian Semusim, Sunan Kalijaga, Arie Hanggara, Kejar Daku Kau Kutangkap (judul ini pernah dipakai lagi pada sebuah sinetron tahun 2000 awal. Kalo ga salah yang maen AGnes Monica-Indra Bruggman), dan yang menghantarkan ia mendapat piala citra tahun 1987 adalah Naga BOnar. Dulu, TPI sering memutar film2 jadul itu.

Karir keartisan Dedy Mizwar sempat mengalami kemandegan pada dekade 90an. Saat itu, film indonesia  memang sedang mati suri.  Tapi  tak seperti pemain film seangkatannya, yang sedikit gengsi memasuki area sinetron, Dedy tak malu melirik layar kaya. Ga yakin emang, sinetron apa yang sempat dibintangi di awal tahun 90an. Tapi yang paling mengesankan adalah sinetron religi yaitu HIkayat Pengembara, Lorong waktu, Kiamat SUdah Dekat, dan yang terakhir adalah Para Pencari Tuhan.

TRansformasi seorang Dedy Mizwar memang mengagumkan. Religiusitas tampil sebagai sebuah implementasi atas kesetiaan pada profesi, dan tentu saja atas kesetiaan sebagai makhluk TUhan. Dan satu lagi, kesetiaan sebagai bangsa. Hal terakhir terbukti dengan usahanya untuk memutar kembali Naga Bonar dalam rangka Harkitnas.

Dengan diputarnya kembali Naga Bonar, Dedy ingin menggugah kesadaran kaum muda pada perjuangan orang-orang terdahulu. Menurut sebuah features yang dimuat di majalah Gatra, “penghidupan kembali” Naga BOnar sempat membuat Dedy Mizwar stress. Bagaimana tidak..?! Kondisi master negatif film yang tersimpan di Pusat Perfilman Nasional (PFN) sangat memprihatinkan. Penuh dengan bintik cahaya, robek dan berjamur. Yang paling menyedihkan: lengket akibat terendam banjir.

Proses pun dimulai dengan telesine, colour grading, dan juga dubbing. Pemain film ini diminta untuk melakukan kembali proses sulih suara. Kecuali pemain yang sudah uzur seperti Roldiyah Matulessy, dan yang sudah meninggal yaitu Robert Syarief. Dan hasilnya, remastering Naga Bonar sangat apik. Salut buat Pak Haji!

Bangkit itu susah………
Susah melihat orang lain susah
Senang melihat orang lain senang

Bangkit itu Takut………
Takut untuk Korupsi
Takut untuk makan yang bukan haknya

Bangkit itu malu……….
Malu menjadi benalu
Malu minta melulu

Bangkit itu Marah………
Marah bila martabat bangsa dilecehkan

Bangkit itu Mencuri…….
Mencuri perhatian dunia dengan prestasi

Bangkit itu Tidak ada…..
Tidak ada kata menyerah
Tidak ada kata putus asa

Bangkit itu aku………..
aku untuk INDONESIAKU

(iklan Kebangkitan Nasional, Dedy Mizwar sebagai endorser)

 

Berita Infotainment: Steve Emmanuel Masuk Islam….???!!

Filed under: Uncategorized — rooneyruni @ 2:24 am

steve-habib rizieqMugkin sebentar lagi, kisah ini akan muncul di infotainment2 (Ato malah udah??). Masalahnya, si pemain utama adalah Steve Emmanuel si artis indo itu. Masih ingat sinetron “Siapa Takut Jatuh Cinta”..?? Sinetron itu memang melambungkan nama Steve berbarengan dengan artis muda jaman itu. Seperti Leony, Indra Bruggman, dan juga Roger Danuarta. Ada apa dengan Steve?

Menurut detik.com, Sabtu (24/05/2008), Steve mendatangi Habib Riziq pentolan FPI. Steve datang dalam rangka menyampikan keinginannya masuk Islam. Habib pun menyambut keinginan Steve dengan senang hati. Maka bersyahadatlah Steve. Dia pun berkeinginan mengganti namanya menjadi YUsuf Iman (terinspirasi Cat STeven yang ganti nama jadi Yusuf Islam kali yaa..?!). Habib pun menasehati Steve, ia tidak boleh lagi tinggal bersama ANdy Soraya kekasihnya dalam satu atap. Kecuali diresmikan dalam sebuah pernikahan.

Kisah yang cukup mengagetkan. Apalagi, sekarang sedang marak diberitakan perseteruannya dengan pasangan kumpul kebonya. Semoga Steve bisa istiqomah pada pilihannya pada Islam. Semoga ga ada lagi Nafa Ur*a*h-2 lagi, yang mu’allaf dan sekarang murtad. Wallahu A’lam

 

Into ThE wiLd May 20, 2008

Filed under: Uncategorized — rooneyruni @ 2:07 am

Alam benar2 eksotis.. ini adalah ucapan yang sempat terucap waktu nonton film ini. Fuuuiiih… Sean Penn memang layak diacungi jempol.

Kali ini, dia alih profesi sebagai sutradara dan penulis skenario. Into the wild diambil dari kisah petualang Christopher McCandles yang mati muda di belantara Alaska. Diadaptasi dari buku dengan judul yang sama karangan John Krakauer.

Alur film emang bolak-balik. Awalnya,diperlihatkan Chris yang menemukan Bus di tengah Alska yang sedang bersalju. Kelak,bus ini disebut MAgic Bus yang menjadi tempat tinggal Chris sampai ia mati keracunan. Kemudian alur berbalik pada adegan saat Chris lulus dari Emory University. Kemudian saat ia memutuskan untuk melakukan perjalanan. Melewati Arizona, California, SOuth Dakota, hingga Meksiko. Sampai ia bertemu dengan orang2 yang mrubah pandangan hidupnya.

Suguhan gambar di film ini benar2 menakjubkan. Pengambilan gambar dilakukan layaknya pengambilan gambar National Geographic dan Discovery Channel. Menurut sebuah situs tentang info film, crew harus bolak-balik untuk mengambil gambar Alaska yang bersalju. Sean pun membutuhkan waktu 10 tahun untuk pembuatan film ini. Ijin keluarga McCandless untuk memfilmkan kisah anak mereka sulit keluar.

Chriss memang mati muda demi mempertahankan idealitas nya untuk melawan kemapanan. Mengembara mencari kebahagiaannya sendiri. Tp di akhir film,menjelang akhir hayatnya, Chriss menuliskan sesuatu di buku catatannya. “Happiness only real when shared…”

 

May 16, 2008

Filed under: Quotation — rooneyruni @ 1:52 am

“Bila engkau melihat anak bangsa, lihatlah sebagaimana mawar. Jika engkau melihat mawar, janganlah kau pandang durinya. Sebab jika engkau pandang durinya, engkau akan membayangkan tempat sampah dan lubang pembakarannya. Maka lihatlah mawarnya, dan jika engkau melihat mawarnya maka engkau akan menjadi penjaga taman..” (Ki Hajar Dewantara)

 

Selamat atas Kelahiran Anaknya…. May 12, 2008

Filed under: Uncategorized — rooneyruni @ 12:32 am

Akhirnya si Tiri ngelahirin. Tiri adalah nama seekor kucing yang dulunya, memang diperlakukan layaknya anak tiri. hehe.. Ibunya lebih sayang sama kedua kakaknya, Teri dan Tora. Jadilah dinamain Tiri. Usia Tiri belum genap 2 tahun waktu mengandung. Mungkin, karena belum berpengalaman, Tiri tampak sedikit kesusahan mengurus bayinya. Tp insting ke-hewanan nya menuntunnya untuk melakukan kewajibannya sebagai ibu kucing.

Usia kehamilannya sepertinya cuma beberapa minggu saja. Menurut kucingkita.com, masa kehamilan kucing rata2 9 minggu. Pantesan, ko cepet bgt lahirnya. Dan mulailah orang2 di rmh menebak2, siapakah gerangan bapak dari anak2 kucing itu? Pertama, dugaan datang untuk si Ipung kucing depan rumah. Tuduhan nyasar juga pada kucing belang abu2 yang entah milik siapa. Dan masih ada satu lagi, kucing berbulu orange milik tetanggaku yang polisi. Ketiga kucing jantan itu memang kerap mendatangi Tiri.

Kaget juga, begitu melihat anak kucing itu menampakkan warna bulunya. Karena anak2 kucing itu, mempunyai bulu dengan kombinasi 3 warna. Dua anak kucing berbulu putih dan mempunyai belang orange, 2 anak kucing lainnya berbulu putih, dengan belang orange campur abu2. Mirip dengan ketiga tertuduh di atas.

Maka, semakin sulitlah kita menemukan jawaban atas tebakan siapakah ayah dari anak2 kucing itu. Menurut sebuah situs tentang serba serbi memelihara kucing, kucing termasuk jenis hewan superfekunditas. Artinya dari satu kelahiran,kucing bisa saja mempunyai bapak yang berbeda-beda. Wah,jangan2… Tiri memang digauli oleh 3 kucing tetangga tadi. Bisa jadi…! Haha…

Yach… Welcome to the world kucing2ku….!

 

Anwar vs Horta May 4, 2008

Filed under: Agak SeriuZ — rooneyruni @ 2:14 am

Di tengah2 berita tentang kenaikan harga BBM, harga pangan, kemudian kisruh PKB… Muncul kasus yang cukup menyita perhatian publik. Yaitu perseteruan Desi Anwar (jurnalis senior Metro TV) dengan Ramos Horta (Presiden Timor Leste). Udah pada tau kan? Kisruh ini bermula dari pernyataan Horta pada media internasional yang mewancarainya pasca penembakan dirinya oleh pasukan Mayor Alfredo.

Horta menyebut nama Desi Anwar terkait dengan aktifitas Alfredo. Yaitu pada saat Metro TV mewancarai Alfredo dalam Kick Andy. Horta menuduh Desi Anwar dan Metro TV membantu perjalanan Alfredo ke Jakarta, termasuk membiayai hotel dan fasilitas lain pada saat wawancara. Menurut Horta, status Alfredo adalah pelarian dan buron, jadi haram untuk keluar “kandang”. Tp Metro TV membantah, Metro menyatakan, wawancara dengan Alfredo dilakukan di Timor. Kalo ada yang inget, background acara Kick Andy saat wawancra dg Alfredo memang gelap. Alias ditutup kain hitam. Silahkan menebak, wawancara ini dilakukan dimana. Hehe…

Atas kasus ini,presiden SBY pn bereaksi. SBY menyesali pernyataan Horta tersebut. Mungkin, ada ketakutan juga akan terjadi hubungan yang tidak baik antara Indonesia – Timor Leste – Australia. Xanana Gusmao pun meminta maaf atas pernyataan tersebut. Dan memohon pihak yang terkait untuk memahami kondisi Presiden Horta yang sedang shock pasca penembakan. Horta juga meminta maaf, dan membantah kalau ia menyebut nama Desi Anwar secara eksplisit. (weeeks..!! Padahal jelas2 dia bilang Desi Anwar)

Tapi pihak Desi Anwar dan Metro TV tampaknya tetap maju tak gentar. Pengacara sekaliber Todung Mulya Lubis sudah di tangan. Somasi sudah dilayangkan. Bukti sudah disiapkan. Salahsatunya adalah rekaman pernyataan Horta (sempat ditayangkan di Metro Realitas nih)

What happen next? Who knows…???!!

Liat juga: http://quotidian.desianwar.net/2008/04/23/whats-eating-ramos-horta.aspx