iT jusT oRdiNary WoRds……

Tulisan biasa, remeh temeh, ga ada yang serius banget

Bangkit Ala Dedy Mizwar May 25, 2008

Filed under: film — rooneyruni @ 3:39 am

Siapa yang tak kenal Dedy Mizwar? AKtor kawakan kelahiran tahun 1955 ini memang mengagumkan (bagiku). Sepak terjangnya di dunia perfilman tak perlu diragukan. . Mulai tahun 1982, ia mulai membintangi Bukan Impian Semusim, Sunan Kalijaga, Arie Hanggara, Kejar Daku Kau Kutangkap (judul ini pernah dipakai lagi pada sebuah sinetron tahun 2000 awal. Kalo ga salah yang maen AGnes Monica-Indra Bruggman), dan yang menghantarkan ia mendapat piala citra tahun 1987 adalah Naga BOnar. Dulu, TPI sering memutar film2 jadul itu.

Karir keartisan Dedy Mizwar sempat mengalami kemandegan pada dekade 90an. Saat itu, film indonesia  memang sedang mati suri.  Tapi  tak seperti pemain film seangkatannya, yang sedikit gengsi memasuki area sinetron, Dedy tak malu melirik layar kaya. Ga yakin emang, sinetron apa yang sempat dibintangi di awal tahun 90an. Tapi yang paling mengesankan adalah sinetron religi yaitu HIkayat Pengembara, Lorong waktu, Kiamat SUdah Dekat, dan yang terakhir adalah Para Pencari Tuhan.

TRansformasi seorang Dedy Mizwar memang mengagumkan. Religiusitas tampil sebagai sebuah implementasi atas kesetiaan pada profesi, dan tentu saja atas kesetiaan sebagai makhluk TUhan. Dan satu lagi, kesetiaan sebagai bangsa. Hal terakhir terbukti dengan usahanya untuk memutar kembali Naga Bonar dalam rangka Harkitnas.

Dengan diputarnya kembali Naga Bonar, Dedy ingin menggugah kesadaran kaum muda pada perjuangan orang-orang terdahulu. Menurut sebuah features yang dimuat di majalah Gatra, “penghidupan kembali” Naga BOnar sempat membuat Dedy Mizwar stress. Bagaimana tidak..?! Kondisi master negatif film yang tersimpan di Pusat Perfilman Nasional (PFN) sangat memprihatinkan. Penuh dengan bintik cahaya, robek dan berjamur. Yang paling menyedihkan: lengket akibat terendam banjir.

Proses pun dimulai dengan telesine, colour grading, dan juga dubbing. Pemain film ini diminta untuk melakukan kembali proses sulih suara. Kecuali pemain yang sudah uzur seperti Roldiyah Matulessy, dan yang sudah meninggal yaitu Robert Syarief. Dan hasilnya, remastering Naga Bonar sangat apik. Salut buat Pak Haji!

Bangkit itu susah………
Susah melihat orang lain susah
Senang melihat orang lain senang

Bangkit itu Takut………
Takut untuk Korupsi
Takut untuk makan yang bukan haknya

Bangkit itu malu……….
Malu menjadi benalu
Malu minta melulu

Bangkit itu Marah………
Marah bila martabat bangsa dilecehkan

Bangkit itu Mencuri…….
Mencuri perhatian dunia dengan prestasi

Bangkit itu Tidak ada…..
Tidak ada kata menyerah
Tidak ada kata putus asa

Bangkit itu aku………..
aku untuk INDONESIAKU

(iklan Kebangkitan Nasional, Dedy Mizwar sebagai endorser)

Advertisements
 

4 Responses to “Bangkit Ala Dedy Mizwar”

  1. Aad Says:

    Kpn2 kalo ada film bagus nnt bareng lagi ya… 😉

  2. Sahih Says:

    Ketika masyarakat kita terninabobokan oleh tayangan sinetron yang penuh dengan gemilau,glamour,dan mimpi-mimpi_Aksioma;demikianlah iklim industri hiburan di tanah air yang menjajah semua dari kita hanya dengan satu target : Orientasi pasar. Sehingga kita semua mau tidak mau ya terus dilecehkan bahkan ditanamkan trend milenium tanpa berkutik. tetapi saat saya terkenang kembali sinetron seperti Keluarga Cemara,Losmen atau si Doel Anak Sekolahan agaknya tudingan saya keliru dan naif(kalau_misalnya lho saya berada pada kurun saat itu.), Tapi terakhir saya menonton satu tayangan di sebuah stasiun swasta,menggembirakan_ternyata peristiwa hiburan yang saya maksud di atas oleh beberapa kalangan: kritisi,tokoh seperti Kak Seto,pakar psykologi dengan sutradara-sutradara yang kritis menampak dampak satu tontonan angkat suara walau tak secara langsung menuding(tidak etis?mana kutahu!) dan kemudian tak lagi gencar akhir-akhir ini(!?). Ok,mungkin saya telah tersesat menumpahkan isi hati di kolom ini(harap diterima dengan lapang dadalah kepada pihak-pihak yang bersangkutan.) O,ya seharusnya saya mengomentari film Naga Bonar jadi 2: ha.ha.ha,… ini baru tontonan yang menghibur sekaligus mengandung muatan patriotisme,prinsip,sindiran-sindiran terhadap kehidupan di bumi pertiwi ini dengan kekuatan alur cerita dan karakter tokoh di dalamnya.Maaf lho kalau yang lain tak disebut,janji deh akan disebutin jika…..

  3. gphagiant Says:

    ayo kita bisa bangkit

  4. neng Says:

    I Luv u so much bang haji, trzkan perjuanganmu dengan cara khasmu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s